Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung Layar adalah sebuah tanjung di kecamatan Bayah, Lebak, Provinsi Banten. Di masa Hindia Belanda, tanjung ini namanya Java's Eerste Punt atau "ujung pertama pulau Jawa", maksudnya bila orang berlayar datang dari barat.

Dulu kawasan sekitarnya adalah perkebunan kelapa Sawarna, yang didirikan di masa Hindia Belanda, kemudian setelah Indonesia merdeka, dikelola oleh Perhutani setempat. Kemudian pemerintah daerah mengambil alih kawasan ini sebagai kawasan wisata.

Tanjung Layar berada tak jauh dari Pantai Ciantir. Apabila menyusuri garis Pantai Ciantir hingga ke sisi lain pantai ini, anda dapat dengan mudah menemukan Pantai Tanjung Layar yang terkenal dengan keunikan karangnya.

Bila tiba di pantai ini, Anda akan segera tahu mengapa pantainya disebut Pantai Tanjung Layar. Di pantai ini terdapat dua buah batu karang raksasa yang berbentuk seperti layar kapal yang terkembang. Keunikan bentuk karang ini membuat Pantai Tanjung Layar kerap menjadi obyek fotografi yang menarik.

Saat tiba di bawah karang raksasa tersebut, Anda dapat puas berfoto ria. Di balik karang, masih ada hamparang luas karang lain yang melindungi karang Layar tersebut dari ombak. Pemandangan ombak yang menghempas karang penghalang tersebut sangat cantik.