Pantai Pulau Seribu

KEINDAHAN alam darat dan bawah laut Kepulauan Seribu tidak diragukan lagi. Beberapa di antara pulaunya telah diresmikan sebagai objek wisata, seperti Pulau Harapan, Pulau Pramuka, dan Pulau Tidung. Dan, satu lagi pulau yang layak Anda kunjungi, yaitu Pulau Pari.

Destinasi: Pulau-Pulau di Kepulauan Seribu

Pulau Kahyangan

Di pulau ini terdapat sebuah benteng yang dibangun oleh Belanda pada zaman VOC.

Pulau Bidadari

Cottage apung bergaya etnik Manado merupakan ciri khas pulau resor yang terdekat dari Marina Ancol. Di pulau ini terdapat reruntuhan benteng Belanda yang bernama Martello Tower

Pulau Edam

Disebut juga pulau Monyet, Letaknya tidak jauh dari Tanjung priok. Di pulau ini berdiri tegak sebuah mercusuar yang disebut Vast Licht, setinggi 65 meter.

Pulau Kelor

Jaraknya ke Pantai Ancol sekitar 1,8 kilometer (km) atau satu jam pelayaran dengan kapal motor. Terdapat peninggalan Belanda berupa galangan kapal dan benteng yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis di abad ke-17.

Pulau Rambut

Pulau Rambut terkenal juga dengan nama Pulau Kerajaan Burung. Luasnya 45 hektare. Pulau ini ditumbuhi hutan bakau yang rimbun serta terumbu karang yang sangat indah. Diperkirakan sekitar 20.000 burung hidup di pulau ini.

Pulau Ayer

Adalah pulau resor yang jaraknya hanya 14 km (30 menit) dari Marina Ancol. Pulau ini memiliki Cottage apung di atas air dengan gaya etnik Papua yang memiliki fasilitas memancing di waktu malam, jet ski dan banana boat.

Pulau Puteri

Pulau Puteri terletak disebelah utara Kepulauan Seribu. Letak Pulau Puteri terasing dan menyendiri dari pulau-pulau yang lain. Terdapat akuarium ikan hias, akuarium bawah laut, lapangan tenis, dan biawak di kebun binatang mini. Letak pulau ini yang cukup jauh dari Jakarta menjadikan laut di sekitar pulau ini ideal untuk berenang, snorkeling, dan menyelam.

Pulau Matahari

Pulau Matahari memiliki cottage bertingkat dua dengan kamar yang mewah, dan fasilitas olah raga air dan memancing. Pulau Matahari memiliki helipad untuk tamu resor yang datang dengan helikopter.

Pulau Sepa

Pulau ini merupakan tempat latihan menyelam bagi penyelam pemula untuk mendapatkan open water certificate. Pulau yang jaraknya sekitar satu setengah jam dari Marina Ancol ini terkenal sebagai tempat ideal untuk berenang, menyelam, snorkeling, atau memancing. Di pulau ini tersedia fasilitas olahraga air dan penyewaan peralatan menyelam.

Pulau Pantara Barat dan Pantara Timur

Kedua pulau ini terkenal sebagai tempat ideal untuk menyelam dan snorkeling. Pulau yang jaraknya sekitar 2 jam dari Marina Ancol ini dulunya dikenal sebagai Pulau Hantu. Di pulau ini tersedia kolam renang, dan fasilitas olah raga air seperti jet ski, windsurfing dan banana boat.

Pulau Bira Besar

Pulau Bira mempunyai lapangan golf 9 hole, kolam renang, sepeda untuk berkeliling pulau, tempat bermain anak-anak dan tempat memancing. Pulau ini jaraknya 100 km dari Marina Ancol.

Pulau Kotok

Pulau Kotok merupakan tujuan utama para penyelam. Pulau ini juga sebagai tempat konservasi burung Elang bondol yang menjadi maskot provinsi DKI Jakarta.

Pulau Pelangi

Jarak pulau ini dari Pantai Marina, Ancol, sekitar 108 km. Di pulau ini tersedia pondok wisata juga beberapa restoran yang terletak di daratan maupun yang terapung.

Pulau Laki

Pulau Laki merupakan kawasan wisata laut yang dibuka pada tahun 1988. Luas Pulau Laki sekitar 30 hektare. Untuk menuju ke Pulau Laki, lebih praktis apabila naik kapal motor dari Pantai Mauk, Sepatan, Tangerang. Di Pulau Laki Besar dan Laki Kecil tersedia tempat perkemahan.

Pulau Pamagaran

Luas pulau ini sekitar 16 hektare dengan cincin terumbu karang yang melebar sejauh satu kilometer ke tengah laut yang mengelilingi pulau ini. Panjangnya 1,7 kilometer. Bagian terlebar 300 meter dan tersempit sekitar 40 meter. Di bagian tersempit didirikan bangunan segi enam sebagai fasilitas penginapan.

Pulau Sabira

Pulau Sabira merupakan pulau yang terletak paling utara di antara pulau-pulau lain Terdapat sebuah mercusuar setinggi 60 meter di pulau ini. Mercusuar itu dibangun atas perintah Raja ZM Willem III pada tahun 1869.

Pulau Saktu dan Pulau Penike

Letaknya 81 kilometer dari Pantai Ancol. Untuk mencapainya dengan kapal dari Pelabuhan Tanjung Priok dibutuhkan waktu tiga jam. Pulau Saktu mempunyai pemandangan menakjubkan, dikelilingi oleh pantai yang berpasir putih dengan nyiur dan laguna khas daerah tropis. Di pulau ini terdapat sebuah mercusuar setinggi 60 meter yang dibuat oleh seorang ahli dari Indonesia pada tahun 1981.